Saturday, February 27, 2021

4 Macam Model Ecommerce

Posted by Doni on Saturday, February 27, 2021


 

 

Service digital yang tumbuh subur sekarang ini mempunyai banyak keunggulan untuk jadikan suatu hal yang susah jadi lebih cepat dan mudah. Dan ini berlaku di dunia usaha. Kedatangan service digital jadikan tiap aktivitas transaksi bisnis baik itu promo, pemasaran, pembelian, dan marketing produk atau layanan bisa dilaksanakan secara elektronik ataupun lebih dikenali sebagai usaha tipe e-commerce.

Lewat mekanisme e-commerce produsen bisa tawarkan produk atau jasanya tanpa berjumpa langsung dengan customer. Begitu juga dengan customer yang bisa pilih dan beli produk tanpa menyaksikannya langsung lebih dulu. Berdasar laporan PPRO, perusahaan service pembayaran terpenting di dunia, mengenai pembayaran dan perdagangan online tahun 2018, Indonesia mempunyai perkembangan paling tinggi dibanding beberapa negara lain yakni sejumlah 78% tahun. Oleh karena itu benar-benar memberikan keuntungan bila bisa mengikut trend usaha ini. Namun akan susah bila tidak ketahui pengetahuan dasarnya. Kemungkinan warga cuman mengenali e-commerce hanya beberapa toko online tempat jual barang keperluan. Tetapi rupanya beberapa jenis e-commerce lebih luas dibanding itu. Beberapa jenis e-commerce yang lain mempunyai semakin banyak faksi baik sebagai produsen atau customer. Pahami beberapa jenis e-commerce akan menolong Anda agar bisa mengikut trend usaha dan memperlebar usaha yang dirintis. Apa beberapa jenis usaha e-commerce itu? Berikut penuturannya.

1. B2B

Tipe e-commerce yang ini sebagai yang terbesar karena mencakup transaksi bisnis yang dilaksanakan antar perusahaan atau tipe usaha. B2B ialah transaksi bisnis baik secara elektronik atau fisik di antara usaha yang satu dengan usaha yang lain. Customer dari pemasaran barang dan layanan ini sebuah group atau barisan yang memulai usaha dan bukan customer perseorangan. Salah satunya contoh gampangnya ialah bila usaha Anda jadi produsen bahan baku kulit sintetis untuk usaha pengerjaan tas dan sepatu. Tipe B2B sediakan volume keperluan barang dan layanan yang besar hingga aktornya memerlukan banyak ongkos untuk memulai usahanya. Dan sudah pasti risikonya lumayan besar.

Karena itu, pebisnis B2B umumnya memakai EDI (Electronic Data Interchange) dan e-mail pada proses transaksi bisnis, pemberian info dan diskusi yang terkait sama barang atau layanan yang dijajakan. EDI (Electronic Data Interchange) ialah proses transfer data yang terancang, dalam pola standard yang disepakati, dari 1 mekanisme computer ke mekanisme computer yang lain. Jurnal sebagai satu bentuk B2B, di mana sasaran audiens Jurnal ialah pebisnis atau pemilik usaha yang memerlukan layanan pembukuan dan akuntansi. Dengan Jurnal, pebisnis lebih dapat gampang mengurus keuangan usaha dimana dan kapan saja, dan membuat neraca keuangan lebih gampang, aman, dan tepercaya.

2. B2C

Business-to-Consumers (B2C) ialah tipe usaha e-commerce yang umum dan paling dikenali oleh warga. Bila B2B pasarkan barang dan layanan ke perusahaan lain karena itu B2C ialah proses transaksi bisnis yang dilaksanakan di antara produsen barang atau layanan langsung ke customer akhir. Business-to-Consumers seperti toko retail yang mempunyai produk ketengan untuk dipasarkan dan gudang untuk stock barang. Yang membandingkannya dengan toko retail biasa ialah proses transaksi bisnis ini dilaksanakan lewat cara online. B2C lebih gampang dan aktif hingga sanggup berkembang dengan cepat sekali. Keringanan membuat website membuat banyak toko virtual yang menyebar di dunia maya.

Ini yang mengakibatkan kompetisi dalam usaha e-commerce tipe ini ketat sekali dan condong tidak rata. Namun, bila dibanding dengan toko retail biasa, B2C memberi info yang semakin banyak, harga yang tambah murah, dan proses jual-beli dan pengangkutan yang cepat ke customer. Contoh usaha B2C yang cukup terkenal di Indonesia ialah Lazada, Amazon, Ebay, Traveloka, Berrybenka dan lain-lain.

3. C2C

Kecuali B2C, Consumer-to-Consumer termasuk juga tipe usaha e-commerce yang terkenal. C2C ialah transaksi bisnis barang atau layanan yang dilaksanakan dari customer ke customer. C2C terdiri atas dua mode yaitu marketplace dan classifed. Dalam mode marketplace, customer sebagai penyuplai barang dan layanan memerlukan sebuah basis sebagai tempat transaksi bisnis. Dalam basis itu, customer yang melakukan tindakan sebagi penjual bisa mempublikasikan bermacam produk untuk dibeli oleh customer yang lain. Contoh basis C2C yang telah populer di Indonesia ialah Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain.

Untuk mode classified yang memberi kebebasan pada penjual dan konsumen untuk berbisnis langsung. Web yang ada cuman berperan untuk menghadapkan di antara penjual dan konsumen tetapi tidak memberikan fasilitas transaksi bisnis jual-beli online. Sistem transaksi bisnis yang sering dilaksanakan ada lewat kontan on delivery atau COD. Web untuk mode classified yang populer di Indonesia yaitu OLX dan Kaskus.

4. C2B

Seperti namanya, dalam tipe Consumer-to-Business (C2B) transaksi bisnis jual-beli produk atau layanan dilaksanakan dari customer ke perusahaan. Ini ialah kontradiksi penuh dari tipe B2C yang sudah diterangkan awalnya. Dalam tipe ini pribadi tawarkan produk atau layanan pada perusahaan yang memerlukan dan siap untuk membeli. Contoh gampangnya ialah beberapa konten writer yang tawarkan kekuatannya untuk menulis ke perusahaan yang memerlukan. Situs e-commerce pengadopsi tipe C2B yang terkenal ialah freelancer.com. ini ialah web sebagai tempat untuk beberapa freelance dari bermacam sektor untuk tawarkan ketrampilan semasing. Pada web ini perusahaan akan mengatakan keperluan mereka, memberi kwalifikasi yang dibutuhkan dan gaji yang disiapkan. Kemudian beberapa freelance yang penuhi kwalifikasi bisa lakukan promo mengenai kekuatan mereka dan lakukan penawaran gaji. Seterusnya perusahaan pilih siapa saja yang memikat untuk mereka.


Business-to-Administration (B2A) atau yang dapat dikenali sebagai Business-to-Government (B2G) ialah tipe e-commerce yang jual produk atau layanan ke badan pemerintahan. Nanti faksi usaha akan tawarkan bermacam tipe produk yang diperlukan untuk pengoperasian dan project pemerintahan. Dan transaksi bisnis tipe ini dilaksanakan dengan ajukan tender. Disamping itu ada juga tipe Consumer-to-Administration (C2A) atau Consumer-to-Governemnt (C2G) yang disebut proses transasksi elektronik yang dilaksanakan oleh pribadi ke badan pemerintahan. Sebagai contoh ialah pembayaran pajak, pungutan BPJS dan lain-lain dari pribadi ke pemerintahan. Ke-2 tipe usaha e-commerce ini memiliki arah yang serupa yaitu untuk tingkatkan efektivitas dan keringanan pemakaian service baik pemerintahan atau pribadi dengan suport tehnologi info dan komunikasi.


Ini ialah tipe usaha baru di mana produsen memakai dua aliran baik itu online atau off line. Faksi produsen akan lakukan promo, mendapati customer, menarik customer dan tingkatkan kesadaran mereka pada produk dan service lewat jaringan online. Yang selanjutnya dilanjutkan dengan lakukan pembelian di toko off line. Disamping itu, tipe O2O terkait dengan rutinitas pemesanan secara onine dan lakukan ambil barang di toko off line. Tipe ini lebih banyak dipakai pada bidang transportasi seperti Gojek dan Grab dan fasilitas seperti Airbnb, Airy, dan lain-lain.

Berdasar keterangan di atas, tiap tipe memiliki mode dan faedahnya semasing. Perlu dilaksanakan riset yang lebih jauh untuk ketahui tipe usaha yang mana pas untuk Anda. Ada banyak hal yang penting diperhitungkan sesuai kekuatan Anda sebagai pebisnis. Dapatkan tipe yang paling cocok untuk Anda dengan mengonsultasikannya dengan beberapa konsultasn professional cuman di Jurnal. Sesudah membangun usaha yang pas, untuk proses selanjutnya Jurnal akan menolong dalam soal pengendalian keuangan usaha Anda. Jurnal sebagai software akuntansi online untuk mengurus keuangan di perusahaan Anda lebih ringkas. Peroleh eksperimen gratis sepanjang 14 hari cuman di sini.

Tips Cara Jualan di Shopee bisa cek di komunitasmea.web.id

 

  1. https://hendrayulianto.com/blog/contoh-cv 
  2. https://hendrayulianto.com/blog/contoh-slip-gaji
  3. https://hendrayulianto.com/blog/contoh-iklan-menarik
  4. https://hendrayulianto.com/jasa-backlink-pbn
  5. https://hendrayulianto.com/jual-beli-web

 

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment