Tuesday, January 26, 2021

Ragam Rumah Adat Khas Daerah Kalimantan Tengah

Posted by Doni on Tuesday, January 26, 2021


 

Indonesia dipisah jadi banyak propinsi dengan budaya dan tradisi istiadat yang khas serta unik. Kecuali kekayaan alamnya, Indonesia memiliki dengan kekayaan budaya yang melimpah. Salah satunya peninggalan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan ialah rumah tradisi.

Seperti rumah tradisi Ciri khas Kalimantan tengah yang ikut memberi corak dan jadi identitas propinsi ini. Untuk mengenali bangunan tradisi itu, baca pembahasan ini.

1. Rumah Tradisi Betang Pasir Panjang

Rumah Tradisi betang pair panjang ini dapat dijumpai di Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun. Di Kabupaten yang disebut sisi dari Kalimantan tengah ini banyak ditempati oleh suku Dayak. Masyarakat asli berikut yang menimpani rumah rumah betang pasir panjang ini. Memang sampai sekarang ini rumah tradisi ini masih ditempati supaya kelestariannya terbangun. Bila menyaksikan arsitekturnya, rumah pasir panjang mempunyai ukuran yang semakin besar dan tinggi pada atapnya.

Pintu masuk ke rumah pasir panjang ada disamping sebelahnya bukan pada segi yang memanjang. Sebab mempunyai ukuran yang semakin besar, karena itu ketinggian dan panjang dari tangganya semakin banyak. Membuat bangunan tempat tinggal tradisi ini demikian unik dan nampak kuat. Kecuali jaga rumah rumah tradisi ini, warga di Pangkalan Bun ini masih tetap jalankan tradisi dan ketentuannya sampai sekarang ini. Hingga kerap diselenggarakan upacara tradisi.

2. Rumah Tradisi Betang Tambaba

Rumah tradisi betang Tambaba juga erat berkaitan dengan suku Dayak yang menempati pulau Kalimantan. Sama dalam rumah tradisi ciri khas Dayak biasanya, rumah ini akan ditempati oleh beberapa keluarga. Bahan baku yang dipakai memakai kayu ulin yang telah populer ketahanannya. Walau sekarang ini cukup susah untuk memperoleh kayu kuat dari Kalimantan ini sebab lahannya yang menyusut.

Arsitektur rumah betang Tambaba ini mempunyai wujud persegi panjang. Sekarang ini rumah Betang Tampapa bukan hanya dipakai sebagai tempat tinggal, tetapi jadi sebagai cagar budaya. Sebab bentuknya yang natural serta keelokannya yang tetap terlindungi sampai sekarang. Hingga tidak ada kelirunya untuk berkunjung peninggalan budaya ini bila sedang berkunjung di Kalimantan tengah. Untuk saksikan secara langsung design dan keunikannya.

3. Rumah Tradisi Betang Sei Pasah

Rumah Tradisi Betang Sei Pasah ini diambil namanya dari dusun pas beradanya rumah tradisi ini. Yaitu ada di Dusun Sei Pasah, Kapuas Hulu,Kalimantan tengah. Rumah ini sesungguhnya adalah rumah lama yang sudah alami pemugaran kembali. Sebab bangunan lama waktunya telah lapuk dan cuman tersisa tiangnaya saja. Di mana awalnya rumah tradisionil ini adalah punyai Talining E Toepak yang alami kebatasan bahan baku.

Sama seperti yang yang lain, memang rumah betang ini dibuat dengan memakai kayu ulin. Tetapi pada akhirnya rumah betang ini sukses dibangun dengan situasi yang lebih kekinian.

4. Rumah Betang Dusun Roboh Bukoi

Memang sekarang ini untuk mendapati rumah yang ditempati oleh suku Dayak tidak gampang. Yang sekarang ini banyak diketemukan adalah rumah tradisi yang sudah dilaksanakan pemugaran dan dibuat kembali. Beberapa dipakai sebagai tujuan rekreasi untuk menyaksikan bagaimana kebudayaan dari suku Dayak. Seperti namanya, Rumah Betang ini ada di Dusun Tumang Bukoi, Mandau Tawalang, Kalimantan tengah.

Walau sudah alami pemugaran, tetapi untuk arsitek da bentuknya tidak alami perombakan masih sesuaikan aslinya. Bahkan juga bahan bakunya yang memakai kayu ulin masih dipakai saat pemugaran. Seolah-olah seperti terlihat rumah aslinya namun diperbaharui penampilannya. Ini bisa juga jadi sebagai evaluasi ke pengunjung berkaitan keunikan dari rumah Betang yang ditempati warga suku Dayak.

5. Rumah Betang Muara Mea

Berada di Dusun Muara Mea jadikan rumah tradisi satu ini mempunyai nama yang serupa dengan dusunnya. Walau masih mempunyai keunikan dari rumah pentasnya, tetapi untuk sisi penampilan nampak kekinian. Sebab pada dinding rumah ini telah digambar dan diberi cat yang membuat semakin elok.

Gambar yang ada pada dinding ini sudah pasti adalah identitas dari Suku Dayak yang sangat benar-benar ciri khas. Rumah tradisi satu ini telah digunakan sebagai tujuan rekreasi. Umumnya pengunjung yang berekreasi ke rumah betang Muara Mea bisa juga berkunjung Taman Nasional Gunung Lumut. Letak ke-2 nya memang tidak begitu jauh. Apa lagi lingkungan dari rumah betang ini tetap terlindungi kealamian dan keasriannya.

6. Rumah Betang Damang Batu

Rumah Betang Damang Batu ini ada di dusun Roboh Anoi dan jadi rumah betang yang umurnya telah tua. Untuk tahun pembangunannya seputar tahun 1868 yang membuatnya sebagai rumah betang paling tua di Kalimantan tengah. Memliki bangunan yang ke arah langsung ke sungai Kahayan membuat makin elok.

7. Rumah Betang Toyoi

Diberi nama rumah betang Toyoi, sebab yang membuat rumah betang ini namanya Toyoi Panji. Rumah betang ini ada di Dusun Rumbang Malahanoi yang sampai sekarang tidak dikenali kapan rumah yang unik dibuat. Bahan yang dipakai pada rumah Betang ini sama dengan yang lain yaitu kayu ulin. Di mana kayu ulin ini dapat membuat usia dari bangunan sampai 150 tahun. Di bagian luarnya dilapis dengan kulit kayu. Menariknya rumah sebagai keunikan suku Dayak ini tidak memakai paku dalam pembangunannya. Walau tidak memakai paku, tetapi bangunannya masih kuat sampai sekarang ini. Rumah ini dahulunya ditempati sampai 20 keluarga.

Disamping itu, ada tiang yang bentunya bundar persegi. Membuat rumah Betang Toyoi ini makin unik dan menarik. Walau sebenarnya pada waktu itu alat tidaklah hebat serta lebih banyak memakai alat simpel. Rumah Betang Toyoi ini jadi sebagai arah rekreasi budaya. Hingga anda dapat berkunjung saat berkunjung ke Kalimantan tengah untuk menyaksikan keindahnnya dan keunikannya langsung.

Rumah tradisi yang berada di Kalimantan tengah banyak yang sudah dilaksanakan pemugaran. Untuk mendapati rumah betang yang ditempati oleh warga asli suku Dayak memang tidak gampang. Ingat sekarang ini modernisasi membuat rumah jadi bermacam-macam design. Tetapi rumah tradisionil yang ada sekarang ini sebaiknya selalu terlindungi membuat perlindungan peninggalan budaya yang sudah ada semenjak dulu.

Mengenal contoh keragaman budaya indonesia bisa mengunjungi greatnesia.id

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment