Monday, January 18, 2021

Berkenalan Dengan Burung Kicau Murai Batu

Posted by Doni on Monday, January 18, 2021

 


 

Beberapa orang di dunia ini memiliki hobi yang menarik, salah satunya yakni mengoleksi burung. Berjenis-jenis variasi burung dikoleksi sampai burung dengan harga murah sampai burung harga jutaan rupiah.

Nah, salah satu burung yang mulai banyak digemari pecinta burung yakni murai batu. Jenis burung yang satu ini memang menawan dan menarik. Khusus lagi ia memiliki ciri khusus yang mana ekornya pajang. Hal ini mungkin yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang menyukainya.

Berdialog soal burung murai batu, kali ini akan dibahas kabar lengkap mengenai burung ini yang dapat Anda kenal. Mulai dari pengertiannya, fakta menarik, ciri-ciri, keindahannya, sampai sistem mengembangbiakkan burung ini. Penasaran kabar apa saja yang dapat Anda temukan di sini? Ketimbang penasaran, yuk segera saja simak selengkapnya di bawah ini.

Jenis burung yang satu ini tersebar di semua pulau Sumatera, sebagian kecil di pulau jawa sampai tersebar ke Semenanjung Malaysia. Melainkan, ada juga yang berasal dari Kalimantan Utara yang disebut dengan murai alis putih yang terbukti yakni spesies tersendiri.

Burung yang satu ini lebih suka tinggal di hutan alam yang rapat atau disebut juga dengan hutan sekunder. Jenis burung ini juga terkenal sebagai burung teritorial yang betul-betul kuat terutamanya dalam mempertahankan zonanya.

Kecuali itu, salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh burung ini yakni ia memiliki kicauan yang betul-betul bagus. Malahan, murai batu pernah menerima penghargaan atas lagunya yang betul-betul menawan di tahun 1974 oleh The Best Song Birds, Delacour.

Jenis burung yang satu ini juga betul-betul disukai oleh pecinta burung. Di Sumatera sendiri burung ini terdiri atas sebagian variasi yang sering kali ditemui.

Padahal di pulau Jawa, persebaran dari burung ini dapat dikatakan betul-betul terbatas. Malahan, burung ini hanya ditemukan di sebagian hutan saja. Padahal demikian, Anda dapat menemukannya dengan gampang di Taman Nasional Ujung Kulon maupun Taman Nasional Meru Betiri.

Burung yang satu ini keberadaannya kian lama telah kian langka. Hal ini sebab burung ini banyak diburu oleh para oknum yang tak bertanggung jawab. Malahan, sekarang populasinya juga kian menurun.

Bagi Anda pecinta burung, bukankah Ada perlu tahu fakta menarik mengenai murai batu ini? Apalagi bagi Anda pecinta burung sejati, tentunya Anda seharusnya tahu apa yang menjadi kekuatan tarik dari burung ini. berharap tahu apa saja fakta menariknya? Ketimbang kelamaan, yuk segera saja simak selengkapnya di bawah ini.

Tahukah Anda jikalau dibalik kecantikan kicauannya, terbukti burung murai batu yakni burung petarung lho. Malahan, ia memiliki mental yang betul-betul berani dan betul-betul gampang tersinggung.

Seandainya burung ini mendengar atau melihat kicauan dari burung lain, karenanya ia akan segera bertempur. Dengan gagahnya, burung ini akan segera membusungkan dadanya serta mengangkat ekornya untuk menggambarkan bahwa dirinya berkuasa.
Gampang Dijinakkan dan Amat Penurut

Pada dasarnya, habitat autentik dari burung ini berada di hutan dengan pohon-pohon yang tinggi. namun, ketika burung ini dijadikan sebagai hewan peliharaan, karenanya ia akan segera beradaptasi dengan lingkungan baru ketika tinggal di sarang.

Tak heran dengan kemampuan penyesuaian dirinya yang baru ini membuat burung ini banyak diburu orang. Sebab, tak hanya suaranya saja yang menawan dan menawan, namun harga jual dari burung ini juga tinggi. kecuali itu, burung ini juga betul-betul penurut terhadap majikannya.

Fakta menarik lainnya dari burung murai batu yakni ia terbukti dapat menirukan bunyi burung lain yang didengar. Malahan, tak hanya meniru saja, namun bunyi yang dijadikan oleh burung ini jauh lebih lantang dan lebih nyaring dibandingkan dengan burung aslinya.

Karena alasan inilah pada persaingan kicauan burung, suara burung murai akan jauh lebih unggul dibandingkan dengan burung lainnya. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang mengoleksi burung ini.

Di Indonesia ada banyak variasi burung murai yang tersebar. Melainkan, diantara banyak variasi burung ini terbukti hanya murai batu Medanlah yang paling banyak digemari. Hal ini sebab kicauan dari burung ini jauh lebih merdu dibandingkan dengan burung murai lainnya.

Malahan, secara jasmani variasi burung ini juga memiliki tubuh yang jauh lebih menawan. Tubuh burung murai ini betul-betul menawan dimana ekornya panjang malahan panjangnya melebihi panjang tubuhnya sendiri.

Kecantikan yang ditawarkan oleh burung ini tak hanya hadir dari kicauannya saja yang menawan. Nama warna bulu dari burung ini juga betul-betul menawan. Burung murai batu memiliki 3 warna bulu yang berbeda dimana warna hitam yang paling dominan dibandingkan dengan warna lainnya.

Di bagian bawah Anda akan menemukan warna bulu dengan gradasi warna merah-jingga. Padahal untuk bagian kepalanya sendiri dihiasi dengan bulu yang berwarna biru. Di bagian ekornya yang panjang juga sering kali ditemukan bulu putih namun sedikit.

Untuk panjang ekor dari burung ini cukup panjang lho. Malahan, panjangnya berkisar antara 8 sampai 23 cm. Padahal untuk murai batu Medan panjang ekornya jauh lebih panjang yakni sekitar 30 cm.

Bukankah burung ini betul-betul unik? Sesuai saja jikalau penggemar burung banyak yang mengoleksi murai batu sebab keindahan yang ditawarkan. Atau mungkin Anda juga beratensi untuk memeliharanya sekarang?

Download suara burung cililin hanya di citcuit.id

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment